Feeds:
Posts
Comments

Archive for October, 2008

macem2 urusan

Yak, ini “sedikit” lanjutan petualangan gw berikutnya (karna ga ada ide mo bikin topik apa). Well, sbagai pendatang berstatus pre-college student, banyak hal yang musti diurusin.

Apaato (kost)

Pertama harus punya alamat. Buat nyari apaato disini lo aga2 susah kalo ga punya kenalan. Ga bisa kaya di Indo, lo langsung datengin rumah2 trus langsung masuk hari itu juga. Ga ada papan “Terima Kost” kaya di Indo juga tentunya. Lo mesti dateng ke kantor perusahaan2 yang punya bisnis mengelola apaato. Contohnya pengelola gw nama perusahaan nya “Mini Mini Apaato” (engga banget gitu namanya). Berhubung gw dibantuin temen dan salah seorang sensei di sekolaan gw, sebelon gw dateng udah dapet apaato nya. Makin deket eki (stasuin kereta) makin mahal lah yachin (uang sewa/kost). Pertama kali mo nge-kost, selain uang bulanan yang mesti lo bayar, ada juga yang namanya uang jaminan / deposit (dibalikin kalo lo pindah), pajak, asuransi, processing fee, dkk. Nah itu besarnya macem2. In case lo mo pindah, lo mesti ngomong satu bulan sebelumnya. Ga bisa ngedadak besok mo pindah, lo langsung dapet uang jaminan nya lagi. Itu pun dengan alasan yang oke (trutama untuk yang cuman ngekos beberapa bulan uda pengen pindah) dan dengan syarat kondisi apaato musti bersih seprti sedia kala. Waktu gw pertama kali dateng, gw kaget juga. Kosong sih ga da apa2 . . . tapi bersih banget! Apaato gw ada 1 kamar mandi, ac, tempat nyuci piring dan kompor gas. Sebagai orang udik, menurut gw kamar gw cukup keren:) Alamat ini musti diapalin, dalam huruf kanji pastinya. Mampus, lah 😥 Pertama kali lo dateng lo dikasi macem2 brosur (yang ga gw ngerti satupun karna mostly ditulis pake kanji), salah satu yang paling penting adalah tentang cara buang sampah. Tapi i’ll tell you bout this thing later, yak;) Cukup “lucu” juga soalnya.

Nah, listrik dan gas diurus terpisah (which lo mesti bayar lagi tiap bulannya). Pas harinya lo mau pindah banget ni, perusahan pengelola apaato itu akan menelfon perusahaan listrik untuk menyalurkan listrik ke apaato lo. Tapi kalo untuk gas, lo mesti nelfon ke perusahaan gas dan nanti dia akan dateng ke apaato lo. Jadi ga ada tuh tabung gas di setiap rumah. Pas waktu petugas perusahaan gas dateng ke tempat gw, gw deg2an dong dia mo ngomong apaan. Gw disuru ngisi nama & alamat (pertama kalinya gw nulis alamat pake kanji, lama gitu nulisnya) Dengan tampang sotoy, gw bilang “hai, hai” (iya, iya) sama “soo kaaa” (oooo, gitu) ajah, pas doi nerangin. Kalo pas gw ga ngerti dia akan memperagakan dengan bahasa tubuh. Akhirnya gw bisa mandi sekaligus minum aer anget. Huahahahaha:D

Hanko (cap)

Disini tanda tangan itu ga pake corat coretan bolpen gitu. Lo mesti bikin hanko yang bertuliskan nama lo. Bentuknya macem2. Kalo nama orang asing (yang namanya ditulis pake katakana bukan kanji), buatlah se-simple mungkin. Ga usah selengkap lengkapnya ampe nama akte lo dipake. Selain makin mahal ntar bikin nya, pas nge-cap juga ga bikin boros space di kertas, ampe nutupin tulisan2 laen nya.

Jitensha (sepeda)

Nah, ini neh another taisetsuna koto (benda penting) di sini. Semiskin2 nya elo, disini kudu deh punya sepeda. Praktis banget soalnya. Pas beli sepeda lo akan dikasih sticker (wajib punya dan ditempel di sepeda) dan selembaran note kecil, dimana nama & alamat (makanya lo mesti punya alamat) lo tercantum. Sepintas ni kertas kaya nota gitu, tapi booo, ternyata itu adalah semacam STNK a.k.a. surat keterangan kepemilikan sepeda. Setiap mo pergi kemana2 lo mesti bawa tu surat tipis yang tampak kurang meyakinkan sebagai sebuah STNK. Kalo pas kena razia polisi dan lo ga punya surat itu, selamet mampus deh. Disangka speda curian gitu.

Gaikokujin Torokushoo (KTP orang asing)

Intinya si, kartu identitas lo gitu lah. Jadi kmana2 mesti dibawa dan ga perlu bawa2 paspor lagi kmana2. Di setiap daerah, (kalo di Indo kurang lebih kaya Kelurahan gitu lah) ada Kuyakusho (nama kantor buat ngurusin si Gaikokujin Torokushoo ini). Tergantung alamat lo. Karna gw ditemenin temen gw buat ngurusin, jadi gw cuman nyengir2 kuda doang disana. Ga ngerti petugas ngomong apa, sperti biasaa . . . Proses pembuatan nya sekitar 3 minggu. Selama belon kelar, ntar dikasi yang KTP sementara gitu, segede A4. Karna gw parno, ga ngerti sebagian (besar) kertas2 yang dikasi, awal2 gw bawa segambreng kertas2 itu (including bon2 belanjaan juga) kmana2.

Kouza (Rekening Bank)

Abis punya KTP (walopun sementara), baru deh lo bisa bikin rekening bank. Waktu mo buka rekening gw pergi sendiri, karna temen gw musti arubaito (kerja part time). Oh, no! Setelah memastikan tempat bank itu berada (karna deket skola, jadi gw cukup yakin ga nyasar), pergilah gw ke bank. Detengah perjalanan gw menjadi kurang yakin apakah arah yang gw tuju benar. Jadi bertanyalah gw pada salah seorang wanita muda. Ternyata bank nya ada persis di sebrang tempat gw bertanya. Well, at least ga nyasar;)

Disono, gw pergi ke arah orang duduk di bagian yang tampak seperti customer service. Trus gw bilang aja gw baru, mo bikin rekening. Trus dengan ramahnya dia meng-guide gw (alhamdulillah, ternyata bener customer service si die). Overall, prosesnya ga ribet (kecuali bagian nulis alamat pake kanji). Trus terakhir gw disuruh milih cover buku tabungan dan kartu ATM nya. Ada beberapa desain. Desain dewasa (bergambar bunga) dan desain ga dewasa (berwarna kuning dan bergambar 2 tokoh kartun yang bertampang bodoh). Secara gw adalah orang yang berpandangan maju, tentunya gw memilih desain . . . ga dewasa \^o^/’

Arubaito (kerja part time)

Untuk menunjang gaya hidup yang pas2an ini, gw mesti nguli. Surat2 yang diperluin adalah Gaikokujin Torokushoo, Kouza, dan Surat Keterangan dari Imigrasi kalo lo punya ijin untuk arubaito ini. Arubaito yang legal adalah 4 jam/ hari. Meskipun kenyataan berkata lain:) Waktu gw ngurus ke Imigrasi, gw sempet ke toiletnya sona. Boooooo, pas mo nge-flush, ada 8 macam tombol aja yang bisa lo pilih. Gw ampe lama diem disana. Setalah mencoba semua tombol, barulah gw puas tu kluar dari wc. Haha!

Pihak sekolaan punya beberapa list arubaito yang bisa dipilih. Tadi gw pergi ke tempat calon kerjaan gw (gw milih yang deket dengan skola), abis interview. Bukan kerjaan yang keren, tapi gajinya bisa buat makan dan bayar apaato lah tiap bulan. Gw diajakin keliling tempat kerja ama si orang sono nya. Minggu depan dah mulai kerja.

Keitai denwa (handphone)

Baru mo beli besok, itu juga kalo bisa dicicil bayarnya. Super muahal soalnya . . . ternyata

That’s all for now. Foto2nya nyusul yaaa ;Da

Read Full Post »

email dungs

Between You and Sophia Fanany

October 4 at 8:24pm
heh, ayo crita2 yg lengkap via email, gw haus banget ma kondisi di Jepun sono, everything, kayaknya gw jg jatuh cinta ama scene disana.
Lo ngapain aja pas sesi pendaratan di Narita ? bengong atawa excited gimana gituh abis itu bingung ibarat gw pertama kali ke luar negeri dulu pas ke s’pore.
Lo wajib fardhu kifayah email gw yah neng, cos i’m soo dying to hear the daily news, hiks..hiks..mengobati kami2 yg belom mampu ke sana.
Trus trus, flat lo gimana ? asik nggak tuh ? basa jepang lo yg dah lo pelajarin lumayan dimengerti orang sana nggak ? hohoho. Aduh, pokoknya segera poto2 deh, kotanya gimana juga tuh shizuoka..gw pgn liat.Jgn lupa update cowok2 disana, kalo ada yg tjakep punya sgera ditangkap pake camera, btw. what happened with your ipod ? dont tell me disana juga ada copet ?
Orang indonya ada brapa disana ?nENG, udah beli simcard belum ? bener kan disana sistemnya dual band ?

PS : BIKIN BLOG gih, start from the first day ri, jangan ampe ktinggalan.

October 4 at 9:27pm
siap2 . . .jadi, gw naek dari cengkareng, ke bali. menyogok orang garuda 450 rebu karna gw excess 9 kilo (per kilo nya $10) . plus tentengan 1 (f*ckin’ heavy) handbag + 1 tas ketek ukuran jumbo + tas gendong isi laptop. kebayang dong heboh nya gw. trus transit di bali. banyak orang jepang tuh disono.selama perjalanan ke nagoya (ga ke tokyo) gw sebelahan ama si abang “takuya”, namanya tamaki goto. pas malem si ga ngobrol. cuman hay2 doang. pas pagi (dengan tampang penuh iler, napas jigong, dan bengkak) gw ngubrul2 (dengan grammar gwyang kacrut marut) lah sama dia. ampe turun kita ga nanya2 nama.

nah dari nagoya airport gw nyambung ke kreta ke stasiun nagoya. eh, pas di kreta gw satu gerbong ama si doi lagi. trus ngobrol2 lagi lah kita (dia pindah duduk ke sebelah gw). gembolan dia banyak juga, tapi banyakan gw. hahahaha:D nah, karna gw turun duluan, dia ngasi kartu nama, dan gw ngasi alamat email.

nah, dari sinilah petaka dimulai. gw dikasi tau dari nagoya station suru naek bis. nah gw nanya orang2 dong dimana letak bus station. jooooo, jalan nya mesti naek2 tangga gitu. mana panjang pula tangga nya. nah, orang yang ngasi tau bus station beda2 jawaban nya. masalahnya, tentengan gue ituuu loooh:'( gw dah ampir pingsan deh di sana. akhirnya gw nyampe juga di bus station. trus gw bilang: “shizuoka no basu, onegai shimasu” (tolong bis yang ke shizuoka) trus dia bilang: “ettoo, shizuoka no basu wa nai” (ngga ada ajah, dong!) Mo mati bolak-balik ga loh? trus dia ngasi tau, kalo bis yang ke shizuoka ada di bus station yang satu lagi, which yang ada DEKET stasiun kereta tempat gw turun tadi, which gw mtesti balik lagi! kupret abis deh. akhirnya dengan kekuatan bionic biawak, gw ngesot2 geret2 tu koper, ampe stasiun bis yang dia bilang. ternyata ada! thank god! nah, bis nya itu bagus yu. bis tingkat gitu. kira2 3 jam-an lah ke shizuoka. nah di tengah2 perjalanan, bisnya brenti di sebuah rest area. gw ngacir ke wc secara dari sejak di airport gw belom pipis + boker. gw ganti panty liner yang gw simpen sekantong ama ipod gw. karna buru2 ketinggalan lah ipod gw. gw nyadarnya pas udah di apaato (kos2an nya gitu) shizuoka! boker termahal gw yu. seharga ipod nano 8GB.

day one: passed!
(jari2 gw kapalan + tulang2 gw brasa patah tiada tara. gw minum air ledeng se-drum)

hari berikutnya, gw ke sekolah jalan kaki. buat ikutan placement test + interview kerja. secara gw dodol bin marfu’ah, gw ga bisa dong. gila aja, uda untung gw ga mati kemaren. bodo amat. yah, poko nya diantara smua anak2 baru, gw yang terparah. secara gw blajarnya pas2an, dan temen2 gw emang kuliah nya basa jepang. gw ampe dipanggil, trus diomingin private ama sensei2 gw disana.

trus gw bikin cap, yu:) disini kalo tanda tangan harus pake cap, kaya di pelem2 gitu:) ga boleh coretan2 tanda tangan nya. cap itu mesti lo bawa kmana2. lucu ajah . . .

pas pulang ke rumah, gw nyasar. lupa jalan pulang karna uda malem, gebleg. pulang nya mampir beli makanan. onigiri standar gitu. ampe rumah langsung hajar telen. langsung abis. enak banget. gw langsung curiga! gw liat kanjinya, trus gw liat di buku kanji. great, i just ate babi.

day two: passed
(dikasi pe er ngerjain kanji, buanyak bener)

besoknya (which is hari ini) gw berniat beli sepeda. dah dikasi peta, trus gw jalan kaki ke sana. tempat nya jauuuuuuuuuuuh bener. sejam jalan kaki deh. kaya nya di peta deket gitu. pejalan kaki disini dihargain banget yu. lo nyaman deh. ga ada polusi knalpot pula. jadi mobil mesti ngalah kalo ada sepeda, dan sepeda mesti ngalah ama yang jalan kaki. kasta pejalan kaki dijunjung tinggi. pas ampe tokonya, masi tutup! pas buka langsung hajar gw beli! nah, gw ke sekolah karna janjian ama temen gw yang mo nganterin gw blanja barang2 perabotan. pas mo ke sekolah, gw nyasar lage ajaaaaaaa . . .

akhirnya, dengan berbekal:”sumimasen dan arigattou” bertanyalah ke orang2 jalan menuju sekolaan. gw dikenalin juga ama senior2 indonesia (yang umurnya mudaan smua dari gw). temen gw bae. nah tetangga di kosan gw juga bae2. gw dibawain makanan, ama sebelah gw (cewe vietnam yang tinggal ama suaminya. sh*t, tiap malem suka kedengeran suara2 “aneh”) tetangga bawah gw orang indo. dari dialah gw bisa internetan. ntar bayarnya dibagi 2. trus gw bole minjem setrikaan juga.

day three: passed
(besok deh gw bikin blog)

lanjut lagi ntar yak, gw tepar . . .

wish u were here yu. you’re gonna love this place:)

October 4 at 9:54pm
yu, bagaymana mem-forward email ini ke ammew, yah?
Today at 7:39am
halah, accident ipodnya kok kayak kejadian hilang hp di kamar mandi dulu juga ? gimana ntar kalo lo ke kmr mandi bawa uang 1 miliar ?…wakakak.
kalo via facebook kaga bisa forward, mending pake email biasa.huhu, “penderitaanmu” membuatku terperangah, tp kan di negeri orang ri, which is worth it bgt buat dikenang. duh, kapan ya bisa kayak elo ? hehe, kayaknya disana serba peraturan gitu ya.seru juga tuh sebelahan ama orang2 vietnam ribut itu, ahahahahaha…lo rekam aja suara2nya, ri.

hari ini ngapain ?

Read Full Post »

increduyble

Gw ga bakalan lupa note kecil bergambar gajah kotak, yang lo kasi sesaat sebelum gw sidang. Masi gw simpen ampe sekarang. Mungkin lo dah lupa nulis apa. Tapi ini salinan nya:

20th Ag 03

Dear Ria,

Iwrote this thing exactly a night before our D-Day. If you ask me what’s on my stomach tonite, it’ll be no longer Dragon. It’s thousands of big-fat-dark-sexy-single Dragon indeed. Really thanks for your, ahem, contribution in making my whole Final Project come true.

Since you’ve done a very much help in mine, then I’m sure that God will realize it and make your seminar as the best seminar in the world;P

Good luck for you. Really wish it from the bottom of my butt, ups, heart ;P

You already possess all things that can make a girl be confident, just please realize it.

 


Since then, gw bener2 mo berubah! Walopun ternyata susah banget. Bertaon2 masi jadi penyakit ampe skarang, walopun udah agak mendingan. Setiap gw gundah gulana, gw pasti liat note lo ini 🙂

You’re truly increduyble!

Read Full Post »

I start to smile when I start to write his story. I knew him from a friend of mine. A extraordinary kinda guy who has such a great personality (couldn’t say the details here), which I find very attractive, in a way (haha, I know he hate it when I say “in a way”)

Never had a plan in my life before that I would fall for this guy. Until one time . . . I found out that I fell for him since I don’t know when. Maybe since the very first time I met. Though he’d said something nice, I never really know how he felt about me. However, I know that I’m happy when I’m with him.

It’s him that could always make me laugh (or smile at least) for many stupid stories he had. It’s him that made an ordinary dinner become an extraordinary thing. It’s him with his “magic fingers” that heal my back pain. It’s him with all the silly little things he does that made my days. It’s him who inspired me to catch my “forgotten” dreams. It’s him for just being himself that I fell into.

I hate the fact that I have to be miles away from him. I hate the fact as things goes a bit complicated ever since. However, although I can only meet him for a while, I’m truly grateful for that. 🙂

Hmmm, missing him here today . . . May God blesses him always. Hope he’ll remember to keep on singing (as he makes my heart sing) and dreaming (as dreams really do come true). Happy always!

Luv 😀

Read Full Post »

alien

Wujudnya botak dan bertampang galak. Cukup bergaya, tampak “somse”, 80 an banget, tajam ingatan, dan gampang kringetan. He’s my manager at very first time. Kalo lagi normal, duh, kelakuannya kaya orang gila, ga bisa diem. Tapi kalo lagi marah, diem dan mukanya (tambah) nyeremin.

Selalu punya banyak cerita (trutama yang nggak penting tapi jadi penting karena itu salah satu “brand”dirinya) dan analogi yang unik untuk banyak hal. Paling sumringah dan excited kalo udah crita tentang Ina, putrinya 🙂 “Membanggakan”, tagline nya buat Ina. Oiya, smangat juga kalo cerita tentang mobilnya: si “ToViK” (a.k.a. “Toyota Vios Ku”). Ampun deh, ga nahan namanya…

Orang ini udah ngasi gw banyak banget kesempatan (dimana entah kenapa selalu gw kacaukan di saat-saat penting). Sering banget bukan nya bantuin kerjaan, malah nambahin kerjaan. Duh, maaf ya . . . Hebatnya, dia nggak pernah berhenti percaya sama gw, dari awal dan gw yakin sampe sekarang.

Di kantor baru (yang trakhir gw tinggalkan), udah ga ada lagi tu yang bawel, yang nendang2 kursi kerja gw, yang menjadikan gw mbok2 tukang pijet, yang nyetel musik2 aneh taon 80an, yang nyela2 dengan sadis, yang minta diskon edan untuk barang2 elektronik, dan yang selalu nanya “Lo baek2 aja, kan?”

Dia nggak cuma udah ngerubah nama gw, tapi juga banyak hal di hidup gw. Bukan cuman manager, tapi juga temen yang bener2 baik buat gw.

Oiya, kenapa gw bilang dia Alien, itu karena dibalik tampang dan kelakuan nya yang gila dan super aneh itu, dia ga kaya manusia pada umumnya. Hehehe:) Bener2 kuat (life struggling nya bener2 gila) & nolongin banyak orang. Hmm, mungkin itu yang bikin rejekinya lancar . . .

Masi punya utang nih, sama dia. Buat nunjukkin kalo dia gak salah pilih orang. Gw bakal jadi orang hebat (“huibat” kalo dia bilang) dengan pacar yang lebih hebat. Huahahaha 😀 Lagi berjuang neh ^_^’

Makasi yah . . . buat semuanya 🙂

Read Full Post »

. . . beragam orang yang gw temui dalam hidup dan sebuah taruhan “tiba-tiba” yang aneh, maka dibuatlah blog ini. especially dedicated to my special friends. to share, to learn, to grow 🙂

Read Full Post »